Inovasi Pembelaran Masa Kini dengan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar

 Inovasi Pembelajar Masa Kini dengan Rumah Belajar Kemdikbud

Kompetensi TIK guru sangat diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran terutama dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tercapaianya tujuan pembelajaran baik dalam melaksanakan pembelajaran daring secara tatap maya maupun tatap muka.

Sebagai peserta PEMBATIK yang sudah berada di level 4, tentunya dengan berakhirnya batas waktu yang telah ditetapkan telah menyelesaikan tugas yang diberikan yaitu menyelesaiak modul belajar, membuat blog, membuat vlog dan melaksanakan sosialisasi Portal Rumah Belajar. 

1. melakukan Webwinar dengan teman SRB berkolaborasi dengan DRB dan Pegiat komunitas

2. Melakukan sosialisasi secara luring dengan teman-teman guru dan sekolah tetangga

3. Inovasi pembelajaran asik dengan menggunakan Crombook , pemanfaatan portal Rumah belajar dengan mengakses fitur -fitur rumah belajar sesuai dengan kondisi lingkungan atau berdasrkan kearifan lokal

Menjadi seorang guru tentunya mempunyai kebahagiaan dan juga tantangan tersendiri. Bagi saya pribadi kedua hal tersebut menjadikan profesi seorang guru menjadi unik. Bahagia bisa dirasakan ketika saya bisa berbagi ilmu bersama siswa, mencontohkan keteladanan dan juga membangun karakter siswa. Hal tersebutlah yang menjadikan keseharian seorang guru tidak terasa membosankan. Banyak hal baru yang kerap kali terjadi di sekolah.  Menjadi seorang guru juga penuh tantangan. Tidak hanya dituntut sebatas administrasi dan mengajar di kelas, namun terkadang perlu bagi saya untuk bisa membuat inovasi untuk membangun sekolah tempat saya bekerja, SMP Kristen Mbarambanja. Salah satunya adalah inovasi dalam pembelajaran. Dengan tren pendidikan kekinian yang serba elektronik dan internet, rasanya akan menjadi tertinggal jika kita hanya mengandalkan model belajar konvensional. perkembangan pengetahuan begitu banyak tersebar tanpa batas di dunia maya memberikan keleluasaan siswa mengekplorasi sumber belajar. namun tentunya saya sebagai guru memfasilitasi dan mengarahkan penggunaan portal belajar yang sesuai dan tepat yaitu dengan memanfaatkan portal Rumah Relajar Kemdikbud.

Rumah belajar Kemdikbud hadir memberikan sejuta manfaat baik bagi saya maupun siswa. pemanfaatan rumah belajar banyak digunakan siswa dalam mencari sumber belajar. begitu pula bagi saya, banyak materi yang hendak saya sampaikan di kelas bisa saya unduh dari Rumah belajar. selain itu tersedia pula fitur laboratorium maya. fitur ini membantu saya sebagai guru kimia untuk membuat virtual lab saat saya terkendala dengan peralatan dan bahan yang ada khususnya untuk pelajaran Bahasa Indonesia. walaupun tidak semua materi  sudah tersedia, namun setidaknya sudah cukup baik untuk digunakan daripada hanya sekedar bercerita abstrak tanpa media. Pengalaman menarik yang saya temui di Rumah Belajar adalah kelas maya. Fitur ini memungkinkan guru dan siswa berinteraksi dalam belajar menghadapi kendala ruang dan waktu. fitur ini sangat mengasyikan, karena bisa saya gunakan untuk berbagai kepentingan seperti pengayaan maupun remedial. kedua hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan saat jam sekolah. Kegiatan belajar siswa yang menumpuk dari pagi hingga siang membuat program remedial dan pengayaan menjadi tidak efektif jika dilakukan pada saat jam sekolah. melalui Kelas Maya, saya  memiliki mimpi memberdayakan  Crombook untuk mengaktifkan pembelajaran , saya berharap pembelajaran cukup memuaskan. inilah sekilas opini yang menggambarkan asyiknya belajar masa kini dengan Rumah belajar.

vlog 

https://youtu.be/NPYQgXQqHsQ

Torine Rambu Baba Ama , S. Pd., Gr

Sahabat Rumah Belajarar NTT

CGP angkatan 4 Sumba Tengah

vlognya

https://youtu.be/NPYQgXQqHsQ

Salam Rumah Belajar, salam dan bahagia

#PusdatinKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2022 #DutaTeknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022  #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK #PembatikNTT2022 #SRBNTT2022




Comments

Guru Hyro said…
Terima kasih untuk dedikasinya bu guru. Walau terpencil tetapi tetap menghadrkan pembelajaran yang bermakna bagi generasi di sana

Popular posts from this blog

HEBAT KARENA MEMBACA DAN SIAP JELAJAHI DUNIA @ketumtpkk @pokja2pkkpusat @tppkkpusat @ lombavlogpkkpokja2