GURU SAMA SISWA BERBEDA
CATATAN GURU DI PEGUNUNGAN
Guru dari segala zaman sebenarnya tetap sama. Meski ada perubahan kurikulum, sebenarnya tidak terjadi perubahan mendasar pada guru. Hal yang kita hendaki adalah guru yang sama dapat memahami siswa dari latar belakang berbeda. Ada harapan semoga metode mengajar disesuaikan dengan perkembangan zaman dan perubahan pada siswa.
Guru memiliki tugas untuk memahami siswa dan mengikuti perkembangan siswa dalam proses pembelajaran . Guru dari segala zaman adalah orang yang dapat hadir menjadi inspirasi dan membagikan ilmu kepada siswanya. Di sana siswa diharapkan dapat berkembang menjadi pribadi yang utuh dan lengkap, baik dari sisi psikomotorik, afektif maupun intelektual.
Berbeda dengan guru, siswa atau peserta didik dalam setiap zaman berbeda bahkan siswa berbeda pula secara individual. keberadaan dan perlakuan mereka berbeda . Hal ini semestinya mendorong guru untuk dapat mempelajarari hal yang menjadi perlakuan siswa.
Proses belajar bisa dianalogkan seperti memancing ikan, untuk dapat mendapat ikan kita perlu tahu umpan yang disenangi oleh ikan yang menjadi terget sehigga umpan tersebut dapat dengan cepat dilahap. Dengan demikian seorang pemancing harus mencari hal yang disenangi dan disukai ikan, bukan apa yang disenangi dirinya. Oleh karena itu seorang guru harus mencari hal yan gdiinginkan oleh siswa . Guru mempelajarai perbedaan konsep, konteks yang ada pada setiap zamannya. Dengan itu Ia sanggup mendidik siswa sehingga mampu mengantar mereka kepada pemahaman yang benar dan pendidkan yang seharusnya.
PENGALAMAN INI MENYADARKAN SAYA BAHWA SEBENARNYA SEMUA GURU ITU SAMA. TUGAS GURU DARI ZAMAN KE ZAMAN JUGA SAMA. GURU MEMBENTUK SISWA AGAR SANGGUP MENJADI SISWA PADA ZAMANNYA. KITA TIDAK BISA MENGAJARKAN SISWA DENGAN CARA KITA DIAJARKAN, SISWA ADALAH MANUSIA MASA DEPAN YANG DITITIPKAN KINI , KITA MENGASAH MEREKA AGAR DIZAMANNYA MEREKA SANGGUP MEMBERIKAN PEMECAHAN MASALAH YANG TEPAT DENGAN TUNTUTAN ZAMAN ITU.
MEMAHAMI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING
Comments